Sejarah Perkembangan Game
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video
adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan
baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. tapi ini
perusahaan tidak bertahan lama ini sebagian besar disebabkan oleh banjir dari
video game yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game
konsol di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara
ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer
sebagian besar tidak terpengaruh. Generasi selanjutnya dari konsol video
game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun
beberapa upaya akan dilakukan oleh Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan
Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal. . Tidak
sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang
merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti
jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan
Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam
permainan elektronik genggam sejak dini. Saat ini hanya perusahaan-perusahaan
Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa
tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponsel dan
PDA .
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung
dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika
“pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan
dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol
Magnavox Odyssey 200
style game pong
Generasi kedua

konsol generasi 2
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua
(biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era)
dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292
Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi
primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game
pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild
Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200
Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan
dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama
FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh
dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor,
pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh
mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive /
Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat,
generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini
pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol
Nintendo dengan SEGA.

konsol FAMICOM dan SEGA
Generasi keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16
bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah
perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega
merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal
dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi
yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi
NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada
1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super
Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi
bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC
dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal
dan populer.
Tahun 1989

Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara.
Harga: $189. Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249. Atari
merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149. NEC merilis
versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang, SuperGrafx.
Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak pernah dijual
secara komersial di luar Jepang.
Tahun 1990
Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO.
NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399. SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699. SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik di sistem console. Sega merilis game-handheld Game Gear. Microprose terbentuk. NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console mereka, TurboExpress.
Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999.Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di dunia.Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
Joe Santulli dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game berbagai sistem.Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx, tutup.
Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i. Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32
bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony
Playstation
![[ps.jpg]](https://i0.wp.com/1.bp.blogspot.com/_LitDzO4ay7Q/S3LcI-xF08I/AAAAAAAAAJM/UOwBAfJst8s/s1600/ps.jpg)
Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya
konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY,
SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh
Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan
jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next
generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang
pembuatan game konsol.
![[cam.jpg]](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/_LitDzO4ay7Q/S3LdIzfNpNI/AAAAAAAAAJU/dNRLbOZlioQ/s1600/cam.jpg)
Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang
teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan
Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru.
Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu
Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi
ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan
banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya
permainan single player.
Platform
Game
Platform adalah unsur yang penting dalam pengembangan
perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai
tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan
pengembangan perangkat lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang
akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform
yang lainnya. Kode logika ini mencakup bytecode, kode sumber dan kode mesin.
Dengan demikian, pelaksanaan program tidak dibatasi oleh jenis sistem operasi
yang tersedia. Platform telah menggantikan sebagian besar bahasa mesin
independen. Beberapa platform perangkat lunak mengemulasikan platform perangkat
keras secara menyeluruh, seperti pada virtualisasi sistem.
Jadi secara detailnya Platform adalah arsitektur
hardware/fondasi/standar bagaimana sebuah sistem dimana aplikasi/program dapat
berjalan, atau bisa juga dikatakan Platform adalah dasar dari teknologi dimana
teknologi yang lain atau proses-proses dibuat. Sebuah Platform terdiri dari
sistem operasi yaitu program sistem koordinasi komputer yang memberikan
perintah-perintah kepada prosesor dan hardware untuk melakukan operasi-operasi
logis dan mengatur pergerakan data di komputer.
Banyak orang beranggapan bahwa Platform dan Sistem
Operasi adalah sama, namun pada kenyataannya tidak. Platform merupakan dasar
atau tempat dimana sistem operasi bekerja, tanpa platform sistem operasi tidak
akan berjalan.
Platform game secara sederhana merupakan tempat
(device) dimana game yang akan dikembangkan dimainkan/ digunakan. Berikut
jenis-jenis Platform:
1. Arcade Game
yaitu sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat
khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis
video games, kebanyakan para gamers merasa “masuk” dan “menikmati” sebuah arti
permainan itu sendiri, didukung dengan perangkat, seperti pistol, kursi khusus,
sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
Contoh game-nya adalah Street Fighter
2, Mortal Kombat
2. PC Games
, yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers
Contoh game yang ada di platform
komputer adalah Call Of Duty, Assassin Creed, DOTA 2
3. Console games,
yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti
Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii..
Contoh game : GTA, PES, FIFA, Farcry,
Fallout
4. Handheld Games,
permainan yang dimainkan diconsole khusus video game yang dapat dibawa
kemana-mana. Misal Nintendo DS dan Sony PSP.
Contoh game-nya Need For Speed versi
NDS.
5. Mobile Game
yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
Contoh game : mobile legend, Line
age, pokemon Go
Genre
Game
Genre disini digunakan untuk menggolongkan permainan
berdasarkan pengaturan atau isi dari struktur permainan tersebut. Genre yang
terdapat didalam game ada banyak jenisnya, disini saya akan membahasa setiap
genre game itu sendiri :
- · RPG - Role Playing Game

Permainan ini bisa disebut juga dengan Game Peran
dimana game ini menempatkan pemain untuk memainkan tokoh yang sudah disediakan.
Game dengan genre ini biasanya memiliki alur cerita yang kompleks dimana pemain
harus memecahkan suatu misteri yang terdapat disetiap alurnya. Game RPG ini
juga terdapat sebuah misi (Quest) dimana quest tersebut biasanya saling
terhubung dengan quest-quest lainnya, sehingga membentuk sebuah cerita.
Biasanya, ketika pemain berhasil menyelesaikan Quest maka akan diberi hadiah
berupa Gold, Exp, Item, dan lainnya. Gold disini bisa berupa uang dan lainnya,
dimana berfungsi sebagai alat pembayaran untuk membeli Weapon, Armor, Item, dan
kebutuhan lainnya untuk memperkuat karakter. Game dengan genre ini juga
biasanya terdapat unsur Experience Point atau yang biasa kita kenal dengan EXP.
EXP disini berguna dalam perkembangan sebuah karakter, dimana karakter bisa
level up atau bertambah kuat. Genre ini juga tidak lepas dari Equipment atau
perlengkapan yang dibutuhkan oleh karakter game. Biasanya berupa Item, Weapon,
Armor, Skill, dan lainnya. Game ini biasanya bertujuan untuk mengalahkan BOS
atau RAJA yang mengendalikan atau memegang kendali penuh sebuah
permasalahan(konflik) yang terdapat dalam game tersebut.
Contoh Game : Onimusha, Genji Dawn Of The Samurai, The
Elder Scrolls, dan lainnya.
Terdapat sub-genre dari Game RPG ini, yaitu :
- · MMORPG - Massively Multiplayer Online Role Playing Game
MMORPG adalah genre game yang melibatkan banyak pemain
untuk bermain bersama dalam dunia virtual secara online atau terhubung dengan
internet. Pemain dapat berinteraksi dan bermain bersama dengan pemain lainnya
dalam satu waktu atau secara langsung dalam dunia virtual.
Contoh Game : Dragon Nest, Ragnarok, Atlantica, SEAL,
dan lainnya.

- · SHOOTER
SHOOTER adalah genre game yang dalam permainannya
bertema tembak-tembakan atau perang yang menggunakan senjata api seperti halnya
pistol dan senapan. Untuk genre game yang satu ini tentunya sudah tidak asing
lagi bukan untuk kalian para pecinta game, terutama mereka yang bermain Point
Blank. Tujuan dari genre game ini berbeda-beda, ada yang bertujuan menembak
lawan untuk melanjutkan dan memenangkan sebuah misi atau quest tertentu, dan
ada yang bertujuan untuk siapa yang berhasil membunuh paling banyak dengan
tujuan untuk mendapatan EXP yang lebih banyak tentunya. Genre SHOOTER ini
sendiri sebenarnya adalah sub-genre dari genre game ACTION. Dikutip dari
Wikipedia, diakatakan bahwa SHOOTER adalah sub-genre dari genre game action
dikarnakan genre ini menguji kecepatan dan reaksi dari pemainnya.
Contoh Game : Black, Sniper Elite, Counter Strike,
Point Blank, dan lainnya.
Terdapat sub-genre dari Game SHOOTER ini, yaitu :
- · FPS - First Person Shooter

FPS adalah genre game yang memiliki sudut pandang
orang pertama, dimana kita hanya bisa melihat bagian tangan karakter kita saja
yang memegang senjata. Hal ini bertujuan agar pemain merasakan seakan benar-benar berada disana (medan perang).
Contoh Game : Black, Call Of Duty, Half-Life, dan
lainnya.
- · TPS - Third Person Shooter

TPS adalah genre game yang memiliki sudut pandang
orang ketiga, dimana karakter bisa terlihat sepenuhnya (full body). Hal ini
bertujuan agar pemain memiliki pandangan yang luas terhadap lingkungan sekitar.
Contoh Game : Sniper Elite, Conflict Desert Strom,
Conflict Vietnam, dan lainnya.
- · STRATEGI
STRATEGI adalah genre game yang dimana kita diharuskan
dapat memimpin suatu bangsa, mengelola sumber daya, dan membangun,
mempertahankan, dan menyerang dengan strategi yang matang untuk bisa
memenangkan game dengan genre ini. Diperlukannya pengamatan dan perencanaan
adalah salah satu dasar untuk bermain game dengan genre ini, jika kita
melakukan semuanya dengan asal-asalan pada game dengan genre yang satu ini,
kemungkinan untuk menang amat sangat kecil.
Terdapat sub-genre dari Game STRATEGI ini, yaitu :
- · RTS - Real Time Strategy

RTS adalah genre game yang mengandung strategi, dimana
kita harus bisa memimpin suatu bangsa, mengelola sumber daya yang ada, membuat
suatu pasukan, dan membangun sebuah benteng kerajaan lalu mempertahankannya
sehingga pihak musuh tidak dapat menembus pertahanan, kemudian menyerang
kedalam wilayah musuh dengan strategi yang matang untuk memperluas wilayah
kekuasaan, sampai akhirnya berhasil memenangkan game tersebut.
Contoh Game : Stronghold Crusader, Age Of Empires,
Comand and Conquer, dan lainnya.
- · TBS - Turn Based Strategy
TBS adalah genre game yang mengandung strategi, dimana
pemainnya harus saling menunggu giliran untuk bergerak.
Contoh Game : Crowntakers dan Brigandine

- · SIMULATION
SIMULATION adalah genre game dengan jenis simulasi,
dimana game dibuat berdasarkan dari kehidupan didunia nyata. Game ini dibuat
bertujuan untuk orang yang ingin melakukan sesuatu seperti hal nya menahkodai
sebuah kapal didunia nyata tetapi tidak atau belum kesampaian. Game ini juga
bermanfaat untuk melatih simulasi terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan
kegiatan aslinya didunia nyata.
Terdapat sub-genre dari Game SIMULATION ini, yaitu :
- · Life Simulation

Life Simulation adalah genre game yang membawa kita
untuk mensimulasikan sebuah kegiatan sehari-hari manusia seperti
bersosialisasi, bekerja, berkebun, merawat hewan, dan banyak lagi.
Contoh Game : Farming Simulator dan The Sims Series
- · Vehicle Simulation

Vehicle Simulation adalah genre game yang membawa kita
untuk mensimulasikan dalam pengoprasian sebuah kendaraan, baik kendaraan
sehari-hari maupun kendaraan perang seperti halnya motor, mobil, tank, pesawat,
perahu dan masih banyak lagi.
Contoh Game : Euro Truck Simulator, Driving Simulator,
dan Flight Simulator.
- · Construction and Management Simulation

Genre game yang membawa kita mensimulasikan
pembangunan sebuah kota lengkap dengan fasilitas publik seperti gedung, alat
transportasi, taman, dan masih banyak lagi.
Contoh Game : Megapolis dan SimCity
- · ACTION

Action adalah genre game yang memerlukan refleks,
akurasi, dan waktu yang tepat untuk
menyelesaikan sebuah tantangan. Dikatakan bahwa action adalah dasar dari semua
genre yang terdapat didalam game, dan genre action sendiri sudah memiliki
permainan terbanyak dibandingkan genre lainnya. Dikatakan juga hampir semua
genre yang terdapat didalam game adalah sub-genre dari genre action.
- · ADVENTURE

Adventure adalah genre game yang menceritakan tentang
petualangan tokoh karakter yang terdapat didalam game. Karakter berpetualang dari satu tempat
ketempat lainnya untuk menyelesaikan misi dan memecahkan sebuah misteri yang
terdapat didalam game.
Contoh Game : Ice Age Adventure, Age Of Wind, dan
Rayman Adventure
- · FIGHTING

Fighting adalah genre game yang mengusung tema
pertarungan 1 vs. 1 atau yang biasa disebut dengan duel. Tujuan game ini tidak
lain dan tidak bukan adalah mengalahkan musuh melalui duel dengan gaya
bertarung masing-masing karakter. Biasanya didalam dame dengan genre ini bisa
memilih karakter sesuai yang kita inginkan, bisa dibilang bebas milih.
Contoh Game : Tekken, Naruto(Duel mode), One Piece,
Mortal Kombat dan lainnya.
- · RACING

Racing adalah genre game dengan tema balapan, tidak
peduli apa kendaraan yang digunakan, selama itu masih masuk kedalam balapan
maka bisa dikatakan genre game tersebut adalah racing. Tujuannya tentu menjadi
yang tercepat. Biasanya genre ini mengusung tentang balapan resmi dan balapan
liar.
Contoh Game : Need For Speed Most Wanted, Under
Ground, dan Moto GP.
- · SPORT

Sport adalah genre game yang menuntut keterampilan
pemain dalam melakukan pertandingan olahraga secara virtual. Game ini dibuat
berdasarkan kehidupan nyata, dimana hampir dari keseluruhan game dengan genre
sport memiliki karakter yang benar-benar ada dikehidupan nyata dengan
menyesuaikannya sedemikian rupa seperti aslinya. Ada juga hasil editan dari
sang pembuat game.
Contoh Game : Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA, Madden
NFL, World Golf Tour, dan lainnya.
Aspek
Bisnis
Bisnis Dalam Game. Game dalam dunia hiburan sekarang
ini sangat mendominasi bahkan sekarang sudah banyak game yang dijadikan lahan
berbisnis. Peminat yang sangat banyak membuat bisnis game ini sangat
menjanjikan dan dapat menghasilkan keuntungan yang begitu besar.
Game Developer Salary Survey 2012 dan ternyata
angkanya sangat menarik. Setidaknya untuk orang yang bekerja di Amerika atau
belahan dunia lainnya. Sedangkan untuk Indonesia sendiri saya tidak berani
mengatakan hal yang sama karena kita tidak punya data pastinya.
Berikut ini penjelasan singkat mengenai posisi yang
ada di dalam industri gaming beserta dengan gaji perbulannya (pengalaman kerja
dibawah 3 tahun).
1. Programmer
Ini adalah
bagian dimana kamu akan mengerjakan koding dari gamenya, disini kamu
bertanggung jawab untuk memastikan gamenya berjalan sebagaimana mestinya sesuai
dengan konsep yang telah dibuat. Rata-rata gaji perbulan: Rp 53.581.508,33
2. Artis dan Animator
Jika kamu mempunyai bakat menggambar maka ini adalah
posisi yang tepat karena kamu akan bertanggung jawab untuk membuat gambar
visual dan animasi untuk sebuah game. Rata-rata gaji perbulan: Rp 40.100.277,00
3. Game Designer
Ini adalah otak dari game, karena seorang Game
Designer mempunyai tanggung jawab untuk membuat konsep gamenya, memastikan
bahwa gamenya tetap menantang, memastikan bahwa tingkat kesulitannya pas,
memastikan tidak ada musuh yang terlalu kuat dan banyak lainnya. Rata-rata gaji
perbulan: Rp 40,824,740
4. Game Producer
Game producer adalah orang yang bertugas untuk
merangkai graphic, sound, gameplay, video dan lainnya menjadi sebuah kesatuan
yang disebut game. Producer bertugas untuk memastikan presentasi game secara
keseluruhan menarik dan berjalan dengan benar. Rata-rata gaji perbulan: Rp
45,296,619
5. Audio Profesional
Main game sebagus apapun tidak akan lengkap tanpa
adanya suara dan musik. Disinilah para audio profesional berperan, mereka harus
berhasil menyuguhkan sebuah musik dan sound effect yang akurat dan sesuai
dengan keseluruhan tema game.Rata-rata gaji perbulan: Rp 26,338,542
6. QA Test
Banyak orang berfikir bawah QA Test atau game tester
adalah pekerjaan yang menyenangkan. Bermain game dan dibayar apa lagi yang bisa
lebih menyenangkan bukan? Well tidak 100 persen benar, seorang QA tester harus
memainkan game secara menyeluruh dan menjelajah tiap aspek. Mereka bertugas
mencari bug dan exploit sehingga gamenya benar-benar solid ketika direlease
kepasar. Jika ada bug setelah direlease maka QA tester adalah orang yang
pertama kali disalahkan. Rata-rata gaji perbulan: Rp 29,985,417
7. Business dan Legal
Posisi ini paling tidak berhubungan dengan game secara
langsung karena mereka mengurus izin dan aspek bisnis dari game tersebut. Hal
ini bisa bervariasi mulai dari mengurus karyawan, pengurusan paten game sampai
dengan marketing. Rata-rata gaji perbulan: Rp 58,202,504
Berikut ini adalah statistikanya dari pendapatan
programer

Warnet (Warung Internet)

Kebanyakan, warnet di buka di lahan yang dekat
dengan tempat pendidikan, seperti sekolah, tempat les, atau kampus. Sehingga,
penggunanya pun tak jauh dari siswa / siswi, mahasiswa, guru, atau dosen yang
secara kebetulan atau tidak membutuhkan jasa internet.
Tetapi, ketika perkembangan teknologi telah merambah ke seluruh penjuru, warnet pun merambah ke seluruh pelosok pemukiman, dan tempat – tempat yang sebelumnya tidak diperkirakan dapat dijadikan sebagai lahan untuk membuka usaha warung internet. Oleh karena itu, pengguna warnet menjadi semakin luas, mulai dari anak – anak sampai orang tua.
Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet yang semakin naik dari yang tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. Ditambah lagi dengan banyaknya menu pilihan yang dapat dipilih oleh anda, keluarga anda, kerabat atau sanak famili anda.
Mulai dari berita tentang kehidupan, teknologi, ekonomi. sosial, politik, tips – tips menarik, jaringan sosial, sampai permainan yang dapat membunuh rasa bosan anda dapat anda nikmati melalui dunia internet.
Tetapi, ketika perkembangan teknologi telah merambah ke seluruh penjuru, warnet pun merambah ke seluruh pelosok pemukiman, dan tempat – tempat yang sebelumnya tidak diperkirakan dapat dijadikan sebagai lahan untuk membuka usaha warung internet. Oleh karena itu, pengguna warnet menjadi semakin luas, mulai dari anak – anak sampai orang tua.
Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet yang semakin naik dari yang tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. Ditambah lagi dengan banyaknya menu pilihan yang dapat dipilih oleh anda, keluarga anda, kerabat atau sanak famili anda.
Mulai dari berita tentang kehidupan, teknologi, ekonomi. sosial, politik, tips – tips menarik, jaringan sosial, sampai permainan yang dapat membunuh rasa bosan anda dapat anda nikmati melalui dunia internet.
Rental PS (PlayStation)

Pasti kita semua sudah tau apa itu rental playstation
. tempat ini menyediakan permainan playstation yang mengikuti perkembangan
jaman , mulai dari playstasion 1 hignga sekarang playstasion 4.
Tapi seiring dengan banyak persaingan di usaha ini sekarang rental playstation tidak hanya menawarkan permainan PS saja namun juga didukung dengan fasilitas yang nyaman untuk pelanggan yang datang supaya lebih nyaman bermain.
Sama halnya dengan warnet rental PS ini juga banyak diadakan lomba- lomba game yang tentunya menawarkan hadiah uang juga untuk menarik pemain untuk datang bermain disana.
Tapi seiring dengan banyak persaingan di usaha ini sekarang rental playstation tidak hanya menawarkan permainan PS saja namun juga didukung dengan fasilitas yang nyaman untuk pelanggan yang datang supaya lebih nyaman bermain.
Sama halnya dengan warnet rental PS ini juga banyak diadakan lomba- lomba game yang tentunya menawarkan hadiah uang juga untuk menarik pemain untuk datang bermain disana.
Game Online

Hal di atas adalah aspek bisnis untuk pembuatan game
sedangkan untuk pemain game online juga ada aspek bisnisnya ,diantaranya :
1. Adanya credit point
Yang dimaksud disini adalah di dalam game online ada
barang-barang yang dapat dibeli dengan uang asli dan jika kita memiliki banyak
barang tersebut kita bisa menjual barang tersebut kepada pemain lain and
mendapatkan keuntungan uang dari abrang tersebut.
2. Dapat mengikuti turnamen game online.
3. Sebagai pengulas game
Belakangan ini banyak orang yang hobi game dan
akhirnya memposting ulasan mereka bermain game atau bahkan merekan kegiatannya
dan menampilkannya di youtube . jika banyak orang yang melihat atau mengunjungi
web ulasan anda . akan banyak orang yang menaruh iklan kepada anda dan bahkan
menyeponsori anda untuk memainkan sebuah game demi mengingkatkan rating game
tersebut . hal ini bisa menjadi aspek bisnin yang menjajikan dan menguntungkan
. seperti hobi yang dibayar .
4. Menawarkan account game online
Selain dapat menjual barang yang berharga kita sebagai
pemain game online dapat menjual account game online kepada pemain lain .
misalnya kita mulai bosan dengan suatu game dan orang lain ingin memainkan game
tersebut tapi tidak ingin membuang banyak waktu . disitulah mereka akan mencari
account game yang sudah memiliki level tinggi dah lebih mudah dalam meneruskan
permainan.
Aspek
Perkembangan Bisnis Game
Beberapa aspek yang sangat berpengaruh dalam
pengembangan sebuah bisnis industri game yang termasuk dalam industri kreatif,
yaitu : Sumber Daya Manusia (SDM), Industri, Teknologi, Institusi, dan
Finansial (Sumber dana). Jika kita analisis satu persatu dengan anlisis SWOT
pada tiap aspek diatas adalah sebagai berikut :
–Sumber Daya Manusia
Mulai tumbuhnya SDM kreatif dan mulai mendapatkannya
apresiasi dari khalayak lain, tetapi masih belum menjadi konsen atau fokus
pemikiran dan masih kurangnya tenaga kreatif untuk dijadikan pondasi.
– Industri
Jalur distribusi fisik dan koneksi virtual baik serta
sebagian industri berbentuk jasa dan dalam kualitas infrastruktur masih rendah
dan daya tawar distributor lebih besar disbanding produsen.
–Teknologi
Pertumbuhan sektor teknologi informasi yang semakin
pesat, serta lemahnya penguasaan teknologi dalam bidang industri kreatif.
– Institusi
Dukungan pemerintah dalam bentuk kebijakan dan aturan
untuk pengembangan industry kreatif. Adapun kurangnya apresiasi masyarakat
terhadap industri kreatif.
– Finansial /
Sumber Dana
Bantuan pemerintah dalam pemberian kredit pada UMKM.
Serta belum adanya skema pembiayaan yang sesuai dengan industry kreatif.
Refreensi
diakses pada tanggal 26 Maret 2018
diakses pada tanggal 26 Maret 2018
diakses pada tanggal 26 Maret 2018
diakses pada tanggal 26 Maret 2018
diakses pada tanggal 26 Maret 2018